Silsilah Nasab Nabi Muhammad Saw. (2)


Kedua Orang Tua Nabi Muhammad Saw. Merupakan Kabilah dari Quraisy. Keduanya bertemu pada nasab Kilab. Penulis akan menguraikannya berikut ini;

1. Ayah Nabi Muhammad; Abdullah bin Abdul Muthalib (nama aslinya Syaibah) bin Hasyim (nama aslinya Amru) bin Abdu Manaf (nama aslinya al-Mughirah) bin Qushay (yang namanya Zaid) bin Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr (Yang berjuluk Quraisy dan menjadi cikal bakal nama kabilah)
 2. Ibu Nabi Muhammad; Aminah bin Wahb bin ‘Abdi Manaaf bin Zuhrah bin Kilab.


 Nama keluarga Nabi Muhammad Saw. Selalu disebut Bani Hasyimiyah yang dinisbatkan pada kakeknya, Hasyim bin Abdu Manaf. Hasyim adalah orang yang memegang urusan minum dan makanan dari bani Abdu Manaf. Hasyim merupakan orang kaya yang terhormat dan yang pertama membukakan jalur perjalanan dagang dua kali dalam setahun bagi orang-orang Quraisy. Beliau juga orang pertama memberikan remukan roti bercampur kuah kepada orang-orang yang menunaikan haji ke Mekkah.

 Sementara anaknya Hasyim, Abdul Muthalib (setelah menerima tugasnya yang diberikan Al-Muthalib, pamannya) orang pertama yang bermimpi disuruh menggali air Zamzam dan mencari tempatnya. Ketika air Zamzam ditemukan, beliau menyatakan kepada kabilah lain bahwa urusan air Zamzam secara khusus berada di tangannya. Beliau pun menyaksikan pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah yang akan menyerang Ka’bah. Namun Allah Swt. Mengirimkan burung Ababil untuk menghancurkannya. Pada peristiwa itulah Rosulullah Saw. Lahir, Abdul Muthalib (Syaibah) memberikan nama untuk cucunya bernama Muhammad. Kelak Nabi Muhammad Saw. Akan menyinari dunia ini dengan Tauhid.

selesai di kaki gunung Gede Pangrango yang dingin

catatan : [1] Ketika Syaibah dewasa dan kembali ke Mekkah, Al-Muthalib bergembira menyambutkan. Al-Muthalib mengumumkan ke khalayak ramai di Mekkah bahwa ini adalah ‘Abdul Muthalib’ (Syaibah).


0/Post a Comment/Comments