Nasib Para Penentang Dakwah

Sebelumnya penulis telah menyinggung tentang gangguan dakwah kepada Rosulullah Saw. Penulis akan membahas nasib yang dialami oleh para penentang dakwah yang paling keras. Mereka mengetahui kebenaran Islam, namun hati mereka telah tertutup.

Syekh Abu Bakar jabir al-Jaza’iri mengisahkan dalam sirah Nabawiyahnya sebagai berikut ini;

  1. Abu Lahab tertimpa penyakit bisul di seluruh tubuhnya. Ini terjadi pada hari kekalahan kaum musyrikin dalam perang Badar. Begitu mendengar kekalahannya, ia tertimpa penyakit bisul ini hingga tewas secara menjijikkan. Sampai-sampai pihak keluarganya tidak mampu memandikannya. Mereka hanya menyiramnya dari kejauhan, karena bau busuk yang menyengat dari jasadnya yang mengelupas dan berjatuhan dengan bentuk yang belum pernah dilihat sebelumnya.
  2.    Abu Jahal mati dalam perang Badar, dibunuh oleh anak-anak Afra’, dan kepalanya dipenggal oleh Abdullah bin Mas’ud ra, karena sebelumnya Abu Jahal menghina Ibnu Mas’ud dengan mengatakannya anak wanita pengembala kambing.
  3.  Al-Walid bin Mughirah mati karena menginjak anak panah hingga terluka. Lukanya membengkak dan ia mati karenanya.
  4.  Uqbah bin Mui’th; ketika kaum musyrikin kalah dalam perang Badar, ia ditawan lalu disalib. Dialah orang pertama yang disalib dalam Islam.

Masih banyak kisah nasib para penentang dakwah dalam buku sirah tersebut. Semoga hal ini bagi pelajaran bagi orang-orang yang selalu menghalangi dan memerangi para Da’i. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang bersikap lemah lembut pada orang-orang kafir, dan keras terhadap orang-orang yang beriman.


Selesai di gunung Gede Pangrango yang dingin.

0/Post a Comment/Comments